Pengalaman Ikut CPNS 2018

Waktu itu saya sangat yakin kalau saya lulus ujian.

Selayaknya ujian, kesiapan dan konstrasi sangat diperlukan untuk menghadapinya.

Apa yang terjadi, ditengah ujian tangan saya kaku. Saya mulai cemas ketika cewek disamping saya yang baru saja saya kenal sudah mengerjakan 80 soal  sedangkan saya baru 30 soal.

Saya mulai panik. Setelah mulai menyelesaikan soal-soal dari Tes Wawasan Kenegaraan (TWK). Saya mulai gelisah liat soal Tes Intelegensi Umum (TIU) dikarenakan amat sangat beda dengan point-point soal yang telah saya pelajari. Seketika saya langsung ambil tindakan untuk mengerjakan Tes Karakter Pribadi (TKP). Saya mulai langkau soal-soal TIU dan langsung menuju nomor 70 (kalau gak salah sih ini). Di tes ini yaitu TKP saya juga banyak menghabiskan waktu. Ya karna akibat panjangnya pertanyaan dan pilihan jawaban yang bervariasi. Jadi lumayan menghabiskan waktu untuk menjawab dengan bijak dari pilihan jawaban yang hampir semuanya memenuhi kriteria pertanyaan. Pada akhirnya pun jawaban yang paling panjang yang saya pilih :).

Hingga waktu habis. Setelah selesai semua soal. Langsung dalam aplikasi CAT menentukan apakah saya lulus atau tidak lulusnya passing grade yang sudah ditentukan pemerintah. Saya tidak LULUS.

Nilah yang kurang dari ujian tersebut juga langsung dapat diketahui oleh peserta. Saya tidak lulus di Tes Integensi Umum. Lah menunjukkan saya emang kurang dalam bidang hitung-hitungan. Lalu pulang. Selesai.

Begitulah pengalaman pertama ikut Tes CPNS dengan menggunakan Computer Asissted Test. Namun yang dapat saya ambil hikmahnya.

Persiapan itu penting
Persiapan bukan hanya tentang materi yang kita kuasai namun juga persiapan fisik dan mental. Waktu itu saya emang gak tidur sampai pagi sedangkan ujianya dimulai sekitar jam 9 pagi. Jadi lumayan lama nunggu di depan.

Jangan Menoleh
Saya belum tau ya gimana caranya bisa atau tidaknya contek di tes CPNS tapi dengan waktu ujian 90 menit dan 100 soal sangat sedikit waktu untuk bisa tanya-tanya kesebelah untuk mendapatkan jawabanya. Nah untuk yang kerjakan sendiri yang jangan melirik kanan kiri kerjakan saja. Intinya fokus.

Jangan Lupa berdoa sebelum Ujian.
Ini ya persiapan paling penting. Karna saya tidak lulus tes cpns tahun 2018 kemarin ya saya menerima saja.

XOXOXOXO

Comments