Kenapa Orang Gak Mau Donor Darah?


Ini kali keduanya aku mengikuti donor darah di STMIK Widya Dharma. Untuk tulisan pertama tentang donor darah adalah itu menjadi pertama kalinya aku ikut jadi pendonor. Nih judulnya Donor Darah di STMIK WIdya Dharma Pontianak.

Donor darah ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2013. Sedangkan donor darah tahun lalu dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2012. Dari tanggal pelaksanaannya bisa dilihat kalau kegiatan ini agak sedikit telat. Dan Sedangkan ini udah tanggal 20 maret. Dan aku udah telat 10 hari untuk menulis agenda kegiatan ini.

Seharusnya aku harus menuliskan kegiatan ini sebelum ini di adakan. Betapa pentingnya ya blog ini. Karna dari kegiatan itu bisa dilihat dari minimnya antusias para pendonor. Tahun ini yang datang lebih banyak tapi yang donornya sedikit dengan tahun lalu. Tahun ini sekitar 60 lebih yang donor sekitar 30 an gitulah. Tapi yang jelas aku hanya menerka-nerka burung elang saja. Karna yang jelas untuk kampus yang sebesar Widya Dharma yang pertahunnya menerima mahasiswa baru sekitar seribu lebih. Pendonornya gak sampai 50%. Mengharukan.


Padahal kegiatan ini adalah kegiatan sosial. Membantu orang-orang yang lebih membutuhkan. Banyak sekali manfaat dari donor darah yang membatu kesehatan kita. Salah satunya menurunkan resiko kanker. Itu yang aku baca. Silahkan cari aja di google. Sedangkan temanku cerita, setelah dia donor darah berat badanya nambah. 

Tapi heran aja sama mahasiswa-mahasiswinya(cantik-cantik itu tak perlu diragukan lagi) yang segitu banyaknya. Yang donor cuma dikit. Ya sudahlah dari pada ngebahas ini terus.. Yang ada tulisan ini dibaca sama dosen dan mahasiswanya lalu meraka pasang muka sinis pas ngeliat guehehehe.. Yang lebih ngenes lagi sih. Waktu ngambil skripsi. Skripsinya mogok sesering mogoknya vespa punya guehehehe..

Semua itu pasti ada penyebabnya.. 
Ini hal-hal yang sering terjadi mengapa orang gak mau donor darah?


  • Takut Jarum

    Ini yang sering teman-teman sering bilang. Meraka takut tau gak mau emang susah ditebak. tapi emang sebagain orang pasti punya troma atau bahkan fobia dengan jarum. gak tau juga sih phobianya sama jarumnya, darahnya, kantong darahnya atau sama petugas PMI-nya. Atau bahkan nih Fobia sama mantan yang mau ikut donor darah juga. Gak banget kan.. ya enggaklah ya..-____-

  • Kemarin Sudah Donor
    Biasnya yang sudah pernah donor tau akan hal ini. Sekurang-kurangnya tiga bulan jarak waktu untuk donor lagi.

  • Gue Kurus

    Berat badan minimal 45 kg. Tapi kalau yang kurus domput kalian. Boleh ni ikutan donor darah. Kita bakalan dikasi kue-kue dan telur. Hari gini siapa yang mau ngasi bro.. #MGMOMENT #TimeIsMG #MGisManusiaGratisan

  • Penyakit

    Yang ini susah juga sih di jelaskan. Karna yang patut menjelaskan ini adalah orang yang lebih tau seperti dokter dan orang yang berprofesi dibagian kesehatan lainnya. Tapi ini bisa dikonsultasikan sama petugas PMI.


  • Sibuk
      Alasan klasik gitar akustik muka antik. Dari alasan bayar listrik sampai          cuma pengen ke mol mau nyentrik. Namanya kesibukan, ya pasti masing-masing. Tergantung dari hati juga sih. Namanya dewasa pasti punya kesibukan dan namanya dewasa pasti tau mana yang lebih penting dan mana yang enggak.

Sebenarnya aku juga waktu itu tidak donor. Kalau saja aku ikut itu kali ketiganya aku tranfusi darah. Tapi ini sebenarnya bukan alasan sih. Walupun aku orang nya suka telat tapi disaat kegiatan-kegiatan seperti ini aku selalu bersemangat menggelora bungkarno hatta. Alasannya aku bangunnya terlalu pagi. Bangunnya sih jam 7 pagi tapi tidurnya itu loh jam 5 subuh. Sarat untuk donor darah tidur minimal 6jam. Alhasil waktu tensi darah tekanan darah gak jelas naik turun kayak jungkat-jungkit gajah dan semut. Jadinya gak boleh ikutan donor darah. Walaupun sebenarnya itu yang dicari.. -___-

Sekian postingan kali ini. Jika teman-teman sendiri memiliki alasan sendiri atau alasan dari teman sendiri bisa berbagi di kotak kementar. 

Terimakasih.

Comments

  1. aku donor darah rutin mas, tiap malam sama nyamuk, wakwakwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. habislah badan kau tot..
      tapi yang ade nyamuknye udh cinte mati same kau tu tot.. hati-hati yak hahahaha

      Delete
    2. kurang sosialisasi nih PMI , harus di gencar lagi biar anak muda skrg berbondong2 donor darah

      Delete
    3. oh iya..

      Agus Suparwanta boleh minta tolong kan?

      tolong buatkan 'sign' untuk blog sdftyujklvbn pls :)

      cth: http://sdftyujklvbn.blogspot.com/p/unikers-eksis.html

      'cuma tulis di kertas doang ko'

      Makasih yaa brooh..

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kalo kk bukan ndak mau donor darah gus, ndak bisaaa :(

    tiap mau donor, kate mamang PMInye, Hb kk rendah hiks hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bilanglah same mamangnye kak.. Ndak pake kecap..Hahahaa

      Delete
    2. aku sering begadang gus, jadi kayaknye ndak boleh,
      Bukannye pelit, kikir, tau kedekot..

      Delete
    3. biar ngape nu begadang? ade hubungannye same modus modusan ndak?

      emangnye kecap bise naekkan Hb keh gus? *pura2nye lugu* >,<

      Delete
    4. Bise naekkan darah.. ape keh ni..hahaha

      Delete
    5. ape can modus di blog ini, miss~

      Delete
    6. iye jugak sih.. ndak sekali efnu memodusi agus..

      Delete
  4. tambahan 1 lg, 'kesan horor'



    [ Gabung yuk ke Direktori Backlink Gratis Berkualitas No.1 Indonesia ]

    ReplyDelete
  5. dulu sih alasen nggak donor karena berat badan nggak nyampe 45 kg, sekarang udah lebih dari 50 tapi masih takut banget :D

    ReplyDelete
  6. takut jarum sih endak gus, suntikannye tu yang seraam :(

    ReplyDelete
  7. sy malah kayaknya sering kurang darah :)

    ReplyDelete
  8. Donor darah? Uh... Aku kan drakula -,-

    ReplyDelete
  9. Laah, gue mau donor.
    Tapi gue aja "kekurangan darah (segar)" gini, auuuuu (re: darah rendah)

    Mampir ya kaka gus agus :)

    ReplyDelete
  10. dulu gak boleh donor gara2 kekurusan, sekarang udah boleh ahh tapi sibuk ah (alasan klasik) :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Satu hal yang anda sering dilupakan "komentar"